Jumat, 25 November 2011

PSSI: Jumlah Peserta IPL Kemungkinan Berkurang

PSSI: Jumlah Peserta IPL Kemungkinan Berkurang
Awalnya, terdapat 17 klub yang sudah dicantumkan dalam jadwal kompetisi IPL 2011-12, mereka adalah Semen Padang, Arema Indonesia, Persiba Bantul, Bontang FC, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persema Malang, Persiraja Banda Aceh, Persija Jakarta, Persibo Bojonegoro, Persijap Jepara, Persib Bandung, Sriwijaya FC, PSMS Medan, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, Persidafon Dafonsoro.
Namun PSSI rupanya telah merelakan tiga nama terakhir menyeberang ke Indonesia Super League (ISL), kompetisi lama yang sudah tak diakui lagi oleh PSSI setelah federasi sepak bola nasional tersebut menunjuk PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) untuk mengelola IPL.
Sejumlah pertandingan lanjutan pun terancam batal digelar. Diantaranya adalah Persib Bandung menjamu Mitra Kukar, serta Persipura menjamu Arema, Sabtu besok (26/11/11).
“Sampai saat ini dari 17 klub belum ada yang mencabut pendaftarannya. Belum ada yang menyatakan keluar dari IPL. Tetapi realitas di lapangan, Mitra Kukar sampai hari ini belum ada di Bandung, kemudian Arema sudah sampai di Persipura tetapi tidak ada sambutan. Persipura rupanya sudah ambil sikap untuk tidak ikut IPL,” ungkap Deputi Sekretaris Jenderal bidang Kompetisi PSSI, Saleh Mukadar.
“Tetapi berapapun pesertanya kita akan tetap jalan,” tegas pria yang juga mantan ketua umum Persebaya Surabaya tersebut.
“Hitungan kita sampai dengan hari ini ada 14 klub yang bertahan di IPL, tetapi siapa saja untuk kepastiannya baru bisa besok kita lihat realitasnya,” tandas Saleh.
Informasi mengenai Persib Bandung, Sriwijaya FC dan PSMS Medan masih simpang siur. PSSI mengatakan bahwa sejauh ini Persib tetap berkomitmen mengikuti IPL, namun PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) selaku pengelola Persib menyatakan bergabung ke ISL. Manajer Persib Umuh Muktar menyerahkan semuanya kepada PT PBB.
Sedangkan PSMS Medan dikabarkan akan tiba di Jakarta besok untuk mengikuti laga eksibisi perayaan ulang tahun Persija Jakarta versi ISL, Minggu (27/11/11), padahal di saat bersamaan Ayam Kinantan dijadwalkan menjamu Persebaya di laga IPL.
“Sriwijaya telah mengirimkan surat resmi kepada Persema Malang untuk tidak usah datang ke Palembang karena stadion masih diperbaiki,” ungkap Saleh terkait pertandingan Sriwijaya melawan Persema, Minggu (27/11/11).
Satu-satunya laga IPL yang sepi dari kendala besok adalah Persiba Bantul melawan Bontang FC, sementara untuk hari Minggu adalah Persiraja melawan Persija serta Semen Padang menjamu Persibo Bojonegoro.
Selain enam tim yang dirundung rumor hijrah ke ISL, dua tim mengalami dualisme kepengurusan yang masing-masing berkompetisi di ISL dan IPL, mereka adalah Arema Indonesia dan Persija Jakarta.
Saleh menolak menyebutkan sanksi apa yang bakal diberikan kepada klub-klub yang tidak datang maupun tidak menggelar laga IPL sesuai yang dijadwalkan.
"Untuk sanksi itu menjadi otoritas Komisi Disiplin, nanti tanya saja Pak Limbong (Ketua Komisi Disiplin PSSI)," ujarnya.
"Kalau berdasarkan peraturan, secara otomatis dikenai WO 3-0. Tetapi kalau nanti memang tidak ikut kompetisi akan diturunkan ke divisi di bawahnya," ungkapnya.
Saleh juga mengungkapkan bahwa mayoritas tim yang terdaftar di IPL sudah menyelesaikan kewajiban pendaftaran pemain, termasuk Persipura maupun Persib.
"Tetapi memang ada satu dua tim yang masih dicicil, tetapi minimal sudah ada 15 pemain yang didaftarkan.Teman-teman di LPIS lembur untuk mengejar pendaftaran pemain agar bisa didaftarkan sebelum kickoff," tandasnya.
Saleh juga menjelaskan status pertandingan pertama 15 Oktober, satu-satunya laga yang sudah digelar IPL hingga saat ini, antara Persib Bandung melawan Semen Padang.
"Tetap tercatat sebagai pertandingan yang sah dengan hasil 1-1," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar