Jumat, 25 November 2011

Persebaya-Persema 'Korban' Berikutnya?

SURABAYA - Setelah Arema FC menjadi korban hancurnya sistem kompetisi menyusulnya gagalnya laga kontra Persipura Jayapura, tampaknya Persebaya Surabaya dan Persema Malang bakal mengalami nasib sama. Keduanya terancam terlunta-lunta tanpa ada lawan yang dihadapi.

Persebaya Surabaya rencananya bertarung kontra PSMS Medan pada Minggu (27/11) di Stadion Teladan, Medan. Sayang, muncul kabar tak sedap, pihak PSMS yang memutuskan bakal mengikuti Indonesian Super League (ISL). Pada saat yang bersamaan dengan jadwal laga, PSMS mengikuti turnamen segitiga di Jakarta.

Jika kabar tersebut benar, maka akan terjadi situasi memprihatinkan. Persebaya datang ke Medan untuk bertanding, sedangkan calon lawan justru meninggalkan Medan menuju Jakarta. Persebaya harus bersiap tak mendapatkan sambutan tuan rumah seperti yang dialami Arema FC di Papua.

Media Officer Persebaya Surabaya Ram Surahman belum mengetahui dengan pasti kebenaran kabar dari kubu PSMS tersebut. Namun, ia memastikan tim tetap bakal berangkat menuju medan pada Sabtu (26/11) pagi dengan membawa sekurangnya 18 pemain.

"Kami semua belum tahu benar soal rencana PSMS ikut ISL. Apa pun yang terjadi dengan calon lawan, Persebaya akan tetap bersikap profesional dan siap bertanding. Pelatih juga tentu akan memilih pemain terbaik untuk dibawa, tanpa terpengaruh jadi bertanding atau tidak," kata Ram.

PSMS sendiri sebelumnya digadang-gadang bakal mengikuti Indonesian Premier League (IPL) setelah mendapatkan ‘tiket gratis’ ke kompetisi level satu di bawah payung PSSI tersebut. Namun menjelang bergulirnya kembali IPL, tim berjuluk Ayam Kinantan dikabarkan membuat keputusan lain.

Karut marutnya kompetisi juga berimbas pada Persema Malang yang harus menghadapi Sriwijaya FC di match day pertama IPL. Sama persis dengan Persebaya, hampir dipastikan Persema bakal dicueki calon lawannya yang juga ikut turnamen di Jakarta.

Turnamen untuk meramaikan ulang tahun Persija itu diikuti tiga tim, yakni persija Jakarta, PSMS Medan dan Sriwijaya FC. Dengan keikutsertaan Sriwijaya FC di event tersebut, maka Persema hanya sebatas ‘piknik’ saat terbang ke Palembang hari ini.

Persema yang tengah on fire dalam mengawali IPL, bakal membawa sekitar 20 pemain untuk dua laga di Sumatera, yakni kontra Sriwijaya FC dan Semen Padang tiga hari kemudian. Tak mau menanggung risiko, Laskar Ken Arok tetap memutuskan berangkat ke Palembang.

"Kami prihatin dengan kondisi persepakbolaan seperti ini. Baru musim ini ada tim yang jauh-jauh datang, ternyata tidak ada lawannya. Kami juga serba salah. Kalau tidak datang, nanti dibilang tak profesional. Kalau datang, tentu menguras biaya dan tenaga," kata General Manager Persema Asmuri.

Persema yang memutuskan tetap terbang ke Palembang, masih berasumsi Sriwijaya adalah calon lawan mereka. Jika laga di Stadion Jakabaring batal, maka pelatih Slave Radovski bakal langsung menyiapkan komposisi untuk laga berikutnya kontra Semen Padang yang sampai detik ini masih setia di IPL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar