Kamis, 20 Oktober 2011

SEA Games: Indonesia Berada dalam Grup Neraka

SEA Games: Indonesia Berada dalam Grup Neraka

logo sea games 2011 jakarta palembangSpartacks Cyber. Hasil drawing cabang sepak bola Sea Games Jakarta-Palembang yang diundi Rabu 19 Oktober 2011 di Jakarta menempatkan Indonesia di Grup A bersama juara bertahan Malaysia, Singapura, Thailand dan Kamboja. Sedangkan di Grup B  dihuni Vietnam, Laos, Brunei Darussalam, Timor Leste, Fiipina dan Myamar. Hasil ini cukup berat, karena kans Indonesia malaju ke babak semifinal harus mampu setidaknya  meraup 8 poin. Dua menang, dua seri hasil mungkin  hasil realistis diraih punggawa “Merah Putih” di kandang sendiri.
Siapa yang akan mendampingi Indonesia di Grup A? Jika melihat kekuatan Malaysia, Singapura dan Thailand sama-sama sepadan, bahkan bisa dikatakan calon juara. Hanya tim yang mampu meraih minimal 9 poin akan bisa melaju ke babak semifinal. Melihat persiapan Timnas U-23 saat ini tentu kita agak khawatir. Hasil pencapaian Garuda Muda dalam beberapa kali uji coba masih menyisakan keraguan terutama di lini belakang. Ini jadi PR buat coach Rahmat Darmawan jika ingin menggapai target yang dicanangkan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin, yaitu emas.
Poin  kemenangan yang rasanya diprediksi akan diraih Indonesia dari  Kamboja dan Singapura. Sedangkan melawan tim negeri Jiran dan “Gajah putih” bisa dikatakan satu poin sudah bagus. Ini tentu harus juga diperhitungkan mau jadi juara grup atau runner-up. Indonesia kalau ingin posisi aman menuju tangga juara, maka tak ada pilihan untuk bisa juara Grup A. Kalau sampai hanya runner-up otomatis diprediksi akan bertemu calon juaradari Grup B, yaitu Vietnam.
Jika bertemu Vietnam, maka ada juga untungnya. Kita bisa kembali lawan tim ketika babak penyisihan di Grup A. Kalau bisa melewati hadangan Vietnam, maka diprediksi Indonesia di final kemungkinan besar bertemu kembali dengan Malaysia atau Thailand. Jika lawan Malaysia yang status sebagai juara bertahan di Sea Games 2009 di Laos, maka ini memberikan hasil yang pantas untuk mengukir mendali emas.
Kita ingin balas dendam dengan negara tetangga dan satu rumpun ini. Ketika di ajang Piala AFF 2010 lalu Timnas senior dibuatnya berduka. Emas di sepak bola Sea Games harga mati untuk Timnas U-23 kita. Kesempatan sudah ada di depan mata. Dukungan publik senantiasa melimpah buat Ferdinand Sinaga dan kawan-kawan. Cabang sepak bola akan mulai bertanding 8 November lebih  dulu dari pembukaan sea Games 11 November. Stadion yang dipakai Gelora Bung Karno dan Lebak Bulus di Jakarta.
Grup A
Grup B
Indonesia
Malaysia
Singapura
Thailand
Kamboja
Vietnam
Laos
Timor Leste
Brunei Darussalam
Philipina
Myanmar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar