Kamis, 27 Oktober 2011

Jersey Semen Padang sebagai daya tarik

Jersey Semen Padang sebagai daya tarik

Spartacks cyber – Salah satu daya tarik sponsor di dalam pertandingan sepak bola adalah lewat kostum. Jika kostum tim ala kadar saja, sponsor tentu berpikir dua kali memberikan merek iklannya. Di negara sepakbola yang sudah berkembang modern seperti Liga Primer Inggris, kostum tim pasti jadi sorotan utama. Faktor warna-warni kostum berperan memberikan keuntungan finansial buat sponsor. Dapat kita lihat klub seperti Machester United, Liverpool dan sebagainya yang hampir selalu berganti sponsor di desain kostum resminya setiap musim. Selain media promosi, kostum juga bagian dari indentitas tim.

Sebagai tim yang sudah lama berkecimpung di blantika sepak bola nasional, Semen Padang tentu paham bagaimana merancang kostum resmi. Kostum yang dipakai ketika pertandingan kandang maupun tandang. Bila perlu kostum ketika latihan juga jadi peluang menggaet sponsor. Dari pengalaman yang sudah-sudah, kostum Semen Padang indentik dengan warna merah.
Warna merah ditonjolkan untuk baju. Sedangkan warna hitam atau putih untuk celana. Warna kaus kaki juga diserasikan dengan warna celana. Ada juga kombinasi warna merah baju, merah celana dan merah kaus kaki. Tapi kombinasi itu mulai agak ditinggalkan. Tergantung pesanan sponsor utama liga.
Desain tenun Silungkang menjadi inspirasi di kostum Semen Padang ketika berlaga di Liga Divisi Utama pada tahun 2009-2010. Ketika itu tampilan warna lokal khas Minang juga kental terasa. Mengenai kostum tandang, juga banyak variasi. Pernah memakai warna kuning. Semuanya serba kuning. Perpaduan hitam –kuning juga bagian dari kostum away. Sedangkan home, warna merah selalu wajib ada. Merah dikombinasi dengan warna putih atau hitam.
Soal apparel kostum, Semen Padang pernah memakai jasa Kappa (salah satu perusahaan industri pakaian tim sepak bola asal Italia). Ada juga produk dalam negeri seperti Reebok yang jadi sponsor pada Liga Indonesia pada 2000 sampai 2002. Pernah juga dengan produk Nike, Adidas dan sebagainya.
Untuk musim ini 2011-2012, kita tunggu saja resmi kostum kebanggaan urang awak. Walau masih simpang siur sponsor utama Liga Primer Indonesia atau ISL. Tapi dilihat kostum dipakai Semen Padang versus Persib Bandung pada laga pembuka Liga Primer Indonesia, warna hitam dan kuning jadi pilihan. Apakah ada tuah juga warna kostum dengan prestasi tim? Bisa jadi, bisa tidak.
Merah kadang membawa hoki. Tim level dunia yang memakai warna merah seperti MU, Liverpool, AC Milan dan lain-lain, merah memberi gelar juara. Di level Liga Indonesia tim yang memakai warna merah untuk kostum antara lain PSM Makassar, Persis Solo, Pelita Jaya, dan lainnya. Merah juga warna kebanggaan Timnas Indonesia. Merah berani, Kabau Sirah harus tampil gagah berani. Kostum merah, semoga membawa hoki jadi kampiun Liga Indonesia musim ini. (eko kurniawan)

1 komentar: